Terima kasih atas kunjungan anda. GOMGOM wisata alam: Lokasi Wisata di Aceh

Senin, 02 Mei 2011

Lokasi Wisata di Aceh

wisata eksotik di ACEH




Aceh menyediakan banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi, namun kejadian Tsunami yang melanda daerah tersebut akhir tahun lalu membuat tempat wisata Aceh yang kebanyakan wisata pantai ikut hancur, berikut daftar beberapa tempat wisata di Aceh yang dapat anda kunjungi dengan menggunakan Mobil Aceh:

Mesjid Raya Baiturahman yang terletak di pusat kota Banda Aceh yakni di Pasar Aceh merupakan mesjid kebanggan masyarakat Aceh.

Sejarah mencatat pada jaman dulu ditempat ini berdiri sebuah Mesjid Kerajaan Aceh. Sewaktu Belanda menyerang kota Banda Aceh pada tahun 1873 Mesjid ini dibakar, namun untuk meredam kemarahan rakyat Aceh pada tahun 1875

Belanda membangun kembali sebuah Mesjid sebagai penggantinya yang berdiri megah saat ini.

Mesjid ini berkubah tunggal dan dibangun pada tanggal 27 Desember 1883. Selanjutnya Mesjid ini diperluas menjadi 3 kubah pada tahun 1935. Terakhir diperluas lagi menjadi 5 kubah (1959 – 1968)

Pantai Lampuuk terletak di pantai barat Aceh. Dari Banda Aceh kurang lebih 17 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor atau Mobil Aceh dalam waktu kurang dari 30 menit. Namun sayangnya pantai yang cukup terkenal dan menjadi tempat wisata favorit penduduk Aceh tersebut musnah tersapu Tsunami.

Pantai ini cukup indah dan dapat digunakan sebagai tempat berenang, berjemur di pasir putih, memancing, berlayar, menyelam dan kegiatan rekreasi lainnya.

Disore hari pantai ini terasa lebih indah, dimana kita dapat menyaksikan matahari terbenam yang penuh pesona.

Disekitar pantai Lampuuk juga berdiri megah sebuah pabrik semen Andalas, namun saat itu pabrik tersebut hanya tinggal kenangan setelah mengalami kerusakan parah akibat gempa dan Tsunami 26 Desember 2004 yang lalu.

Dikawasan Pantai Lampuuk, anda dapat bermain golf dengan latar belakang panorama laut di Padang Golf Seulawah. Sayangnya semua keindahannya kini tinggal kenangan dan tinggal menungguk pemerintah memperbaiki wisata yang cukup digemari turis asing tersebut.

Banda Aceh memiliki pemandangan laut yang luar biasa bagusnya, pemandangan laut tersebut juga menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan asing, kota ini memang merupakan kota pesisir pantai barat Sumatera, maka tak heran kota ini termasuk parah akibat terjangan Tsunami.

Pemandangan laut Aceh tidaklah kalah dengan Bali ataupun Lombok. Selain laut, pemandangan udara Banda Aceh juga sangat indah ini dimungkinkan mengingat kurangnya polusi di daerah tersebut. Kendaraan di Aceh juga tidak sebanyak di daerah lain.

threeas.wordpress.com

Category Tak Berkategori | No Comments »
Pantai Yang Memukau Di Aceh

Maret 19th, 2010 by sijanggut

Keindahan pantai Aceh memang tidak perlu diragukan lagi. Tidak percaya? Kunjungi saja Pantai Lampuuk di Aceh. Pantai ini terkenal dengan keindahannya yang mempesona, dimana Anda dapat menyaksikan pegunungan dan laut menjadi satu kesatuan yang indah. Mungkin memang Anda sering menyaksikan pemandangan gunung dan laut yang menyatu di lukisan-lukisan yang ada di kartu pos. Namun, jika Anda pergi melihat pantai ini, Anda dapat melihat bahwa pemandangan indah yang tergambar di kartu pos ini tergambar jelas di depan pelupuk mata Anda.

Jika Anda belum puas melihat keindahan Pantai Lampuuk di Aceh, Anda bisa pergi mengunjungi Pulau Rubiah di Sabang, Aceh. Jika Anda adalah penggemar batu mulia, batu rubi adalah salah satu batu yang terindah yang ada di dunia ini. Bisa jadi, nama Pulau Rubiah itu ada karena memang keindahan kemilau pantai di pulau tersebut sama indahnya dengan keindahan batu mulia tersebut. Anda bisa pergi ke pantai tersebut dengan menggunakan fasilitas rental Mobil Aceh, Anda bisa menyaksikan lautan dan lan*** biru yang bersih dan juga pepohonan yang melambai dengan anggun dan dataran hijau yang menyegarkan mata.

Selain itu, ada hal menarik dari pantai yang terletak di Pulau Rubiah di Sabang ini. Jika Anda melihat dengan jelas, warna pantai ini terlihat seperti dua warna, yaitu hijau toska dan biru tua. Jika Anda ingin berekreasi di pantai ini, jangan kuatir. Fasilitas di tempat ini sangat memadai. Anda juga bisa menggunakan perahu untuk berekreasi sambil melihat keindahan laut dan pemandangan di sekitarnya, seperti pegunungan dan dataran hijau yang membentang luas di depan mata. Asal Anda tahu saja, pantai ini merupakan salah satu pantai di Aceh yang menjadi obyek wisata para turis, baik turis lokal maupun mancanegara yang bisa menggunakan transportasi Mobil Aceh.

Indonesia memang menyimpan keindahan pantai dan laut yang memukau. Karena itu, buat apa kita jauh-jauh ke luar negeri jika Indonesia sudah menyimpan banyak keindahan yang memukau. Ada pepatah tak kenal maka tak sayang, karena itu marilah kita mau untuk mengenali lebih dalam tentang Indonesia dan keindahan alamnya, karena dari situlah rasa cinta akan merekah di hati. Seperti keindahan pantai dan laut di Aceh, jika Anda tidak pernah mengunjunginya, sesungguhnya memang amat disayangkan, karena disana, Anda bukan hanya melihat pantai yang biasa, tetapi juga keindahan pegunungan, dataran hijau, serta dapat menjelajahi serta belajar lebih dalam tentang pesona pantai Indonesia yang tak akan terlupakan seumur hidup Anda.
Menikmati Wisata Eksotis di Pulau Sabang

Kota Sabang yang terletak di Pulau Weh, Aceh begitu indah untuk dilewatkan. Tak heran bila masyarakat Indonesia maupun mancanegara yang datang ke wilayah Serambi Mekah itu, tidak sempurna bila belum menginjakan kaki di pulau terluar Indonesia tersebut.

Banyak obyek wisata nan eksotis yang ditawarkan di Kota Sabang. Misalnya pantai Gampang yang berjarak 19 kilometer dari kota sabang (Mobil Aceh). Di pantai ini pengunjung disuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Saat detikcom ke Pantai Gampang, Minggu, para wisatawan umumnya menyempatkan diri untuk bersnorkeling dan menyelam di pantai Gampang. Karena alam lautnya masih sangat alami dan bersih. Sehingga wisatawan bisa leluasa melihat panorama bawah laut yang menakjubkan.

Wisata pantai lain yang juga sangat menakjubkan adalah obyek wisata Pantai Iboh yang berjarak 25 kilometer dari Kota Sabang. Di tempat ini wisatawan juga bisa menyelam dan bersnorkeling ria. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa menyeberang ke Pulau Rubiah dengan menggunakan speed boat yang memakan waktu hanya 10 menit (mobil aceh).

Pulau ini menjadi tujuan wisata paling favorit bagi turis mancanegara. Sebagian masyarakat Sabang menyebut Pulau Rubiah dengan sebutan Pulau Bikini (Mobil Aceh). Sebab di pulau ini pengunjung bebas berbikini atau bertelanjang dada tanpa harus khawatir petugas Wilayatul Hisbah atau polisi syariat di NAD.

Di lokasi-lokasi wisata tersebut juga terdapat cottage yang murah meriah. Harga sewa permalam di cottage-cottage tersebut berkisar Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu. Untuk mencapai lokasi-lokasi wisata di Sabang, pengunjung harus mencarter kendaraan (mobil aceh) di Pelabuhan Balohang, Sabang.

Sebab tidak ada angkutan umum yang menuju ke lokasi-lokasi wisata tersebut


MAKAM / THE GRAVE OF SAID SYARIF

Said Syarif adalah seorang menteri dari Kerajaan Samudera Pasai. Beberapa sejarawan menyebutkan beliau merupakan ayah kandung Fathillah atau Falatehan, seorang ulama terkenal bergelar Sunan Gunung Jati, pendiri Kota Jayakarta (Jakarta), lahir di Pasai 1490 M.

Makamnya terletak di Gampong Mancang Kecamatan Samudera. Makam ini dapat ditempuh dengan Mobil Aceh ± 16 km sebelah timur Kota Lhokseumawe.

Batu nisannya terbuat dari batu marmar bertuliskan kaligrafi yang indah terdiri dari ayat Kursi, surat Ali Imran ayat 18-19 dan surat At-Taubah ayat 21-22.

MAKAM / GRAVE OF TEUNGKU DI IBOIH
Makam Teungku di Iboih adalah makam Maulana Abdurrahman Al-Fasi. Sebagian arkeolog berpendapat bahwa makam ini lebih tua dari makam Malikussaleh.

Makam beliau terletak di desa Mancang Kecamatan Samudera ± 16 km sebelah Timur Kota Lhokseumawe. Batu nisannya dihiasi dengan kaligrafi yang indah terdiri dari ayat Kursi, surat Ali Imran ayat 18 dan surat At-Taubah ayat 21-22.

MAKAM / GRAVE OF BATEE BALEE

Makam ini merupakan situs peninggalan sejarah Kerajaan Samudera Pasai. Tokoh utama yang dimakamkan pada Situs Batee Balee ini adalah Tuhan Perbu yang mangkat tahun 1444 M.

Lokasi di desa Meucat Kecamatan Samudera ± sebelah Timur Kot Lhokseumawe. Diantara nisan-nisan tersebut ada yang bertuliskan kaligrafi yang indah yang terdiri dari surat Yasin, Surat Ali Imran, Surat Al’Araaf, Surat Al-Jaatsiyah dan Surat Al-Hasyr.

MAKAM RATU AL-AQLA ( NUR ILAH )

Ratu Al-Aqla adalah puteri Sultan Muhammad ( Malikul Dhahir ), yang mangkat pada tahun 1380 M, beliau menjadi raja di Pasai dan Kedah. Makam tersebut berlokasi di Gampong Meunje Tujoh Kecamatan. Matangkuli ± 30 km sebelah timur Kota Lhokseumawe dan dapat ditempuh dengan menggunakan Mobil Aceh. Batu nisannya dihiasi dengan kaligrafi yang indah berbahasa Kawi dan bahasa Arab.

Rumah adat Cut Nyak Meutia

Cut Nyak Meutia adalah salah seorang pahlawan wanita nasional dari Aceh Utara, selama 20 tahun ia memimpin perjuangan melawan penjajahan Belanda diwilayahnya Matangkuli yaitu dari tahun 1890-1990 M. Dari rumah ini beliau aktif dalam memimpin dan mengatur strategi peperangan.

Rumah Adat Cut Meutia dapat ditemui 3 km dari desa Matangkuli Kecamatan Matangkuli. Rumah Adat Cut Meutia ini dipagar dan dibangun kembali oleh Pemerintah sebagai bentuk penghormatan terhadap pahlawan Wanita Aceh.

Cut Nyak Meutia tewas dihulu sungai Peutoe oleh tembakan serdadu Belanda pada 25 Oktober 1910. Makamnya terletak di Desa Buket Panyang, yang jaraknya memakan waktu 2 hari 2 malam dengan berjalan kaki dari rumahnya yang merupakan perbatasan antara Kecamatan Matangkuli dan Kecamatan Cot Girek.

TUGU PAHLAWAN COT PLIENG

Teungku Abdul Jalil Cot Plieng adalah pahlawan Aceh Utara yang berjuang melawan tentara Jepang dalam perjuangan Fisabilillah, demi mempertahankan Agama dan tanah air dari cengkraman penjajahan Jepang. Beliau mangkat pada tanggal 10 Nopember 1942. Untuk mengenang perjuangan beliau dibangun tugu di desa Cot Plieng Kecamatan Syamtalira Bayu Kab. Aceh Utara 10 km sebelah timur Lhokseumawe.

1 komentar:

  1. Indah banget pesona alam dan wisata budaya banda aceh ini.

    BalasHapus